July 2017
MonTueWedThuFriSatSun
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      

Calendar Calendar

Latest topics
Most active topic starters
Admin
 

Most active topics

Top posting users this month

Top posting users this week

Poll
Like Me
Follow Me
Komentar

Teknologi Antisadap Buatan Indonesia Di Apresiasi Kemenhan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Teknologi Antisadap Buatan Indonesia Di Apresiasi Kemenhan

Post by Admin on Fri 30 Oct 2015, 21:47

Kasus penyadapan bukan hal baru di Indonesia. Tidak hanya pejabat publik, kasus penyadapan juga terjadi pada pengusaha dan warga negara Indonesia. Salah satu kasus paling menghebohkan adalah penyadapan Australia terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2014.

Selain di Indonesia, kasus penyadapan juga ramai menjadi perbincangan dunia. Seperti yang dibeberkan dokumen Wikileaks puluhan kepala negara telah menjadi korban penyadapan. Bahkan, akhir-akhir ini email direktur CIA berhasil diretas oleh seorang pelajar SMA di Amerika Serikat.
Belajar dari kasus penyadapan yang membobol pertahanan negara, maka upaya pencegahan dan penangkalan perlu dilakukan. Satu-satunya cara adalah dengan teknologi enkripsi. Di Indonesia, sudah berdiri perusahaan pengembang teknologi antisadap pertama bernama PT Indoguardika Cipta Kreasi (ICK).

"Teknologi enkripsi adalah satu-satunya cara melindungi diri dari penyadapan. Itulah teknologi antisadap paling canggih saat ini," ujar President Director PT ICK Agung S Bakti dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (30/10). Agung didampingi Research and Production Director Sujoko dan Technology Director Dahniar Paramita.

Teknologi enkripsi, lanjut Agung, akan memproses informasi dan komunikasi dengan algoritma tertentu. Data akan diacak sehingga hanya bisa dibaca pihak yang dituju yang mempunyai kuncinya.

Pada dasarnya, kata Agung, semua bentuk komunikasi yang ditransmisikan baik lewat kabel, internet, gelombang radio bahkan satelit itu bisa disadap. Namun dengan teknologi enkripsi, data atau komunikasi tersebut tidak bisa dibaca si penyadap. “Data yang dienkrip akan terlindungi dalam jutaan atau miliaran kode-kode acak yang sangat sulit dipecahkan,” jelas Agung.

Untuk meminimalisasi dan menjaga informasi sensitif dari sadapan asing dan pihak yang tidak bertanggungjawab, maka teknologi enkripsi buatan dalam negeri diperlukan. PT ICK hadir untuk memenuhi kebutuhan pertahanan bidang pengamanan informasi teknologi tersebut.
study

Sumber: http://rol.co.id/r/nx1eyk334

Admin
Admin

Posts : 8
Points : 1949
Reputation : 0
Join date : 24.10.15
Location : Indonesia

Lihat profil user http://suaraguru.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik